Powered By Blogger

Sabtu, 05 Maret 2011

Sejarah berdirinya SMA Negeri 1 Darma



Pendirian SMA Negeri 1 Darma, berawal dari keprihatinan masyarakat Kecamatan Darma yang harus mengeluarkan biaya transportasi pendidikan yang cukup tinggi. Sehingga diawali dengan sosialisasi dan musyawarah pendirian tanggal 22 Maret 2006 yang dihadiri Pemerintah Desa, BPD, LPM, Tokoh Masyarakat, dan Pemilik Tanah.
Tahun pelajaran 2006/2007 dimulai Penerimaan Siswa Baru (PSB). Selanjutnya melalui dana ABT Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, tanah seluas 10.000 m² milik masyarakat dibebaskan pada tanggal 15 Desember 2006. Proses penegerian dilakukan melalui Surat Keputusan Bupati Kuningan Nomor : 421.5/KPTS.204-Disdik/2007 tanggal 25 April 2007.
Akhir tahun 2006/2007 Jumlah lulusan SMP/MTs. se Kecamatan Darma Mencapai 510 siswa, yang berasal dari 3 SMP dan 2 MTs, yakni SMP Negeri 1 Darma, SMP Negeri 2 Darma, SMP Negeri 3 Darma, MTs. Negeri Darma dan MTs. Ar Rasyid Ciparay Darma. Dengan kondisi seperti ini diharapkan SMA Negeri 1 Darma bisa berkembang dan mampu meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kecamatan Darma.
SMA Negeri 1 Darma berada di Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan tepatnya di Desa Cipasung yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka. Kecamatan Darma termasuk kecamatan yang cukup besar dengan Jumlah penduduk 49.536 (Hasil Suseda Kabupaten Kuningan Tahun 2005), yang tersebar di 19 Desa, dan Desa Cipasung berada di tengah-tengah wilayah Kecamatan.
Lokasi sekolah berada di sebelah Barat pemukiman penduduk yang bersebelahan dengan Lapangan Sepak Bola Brajaguna, sehingga suasana ligkungan sekolah aman, nyaman dan kondusif serta mudah dilalui transportasi karena berjarak 100 m dari jalan utama Provinsi, yang memudahkan akses ke berbagai daerah. Letak geografis seperti ini, menjadi salah satu faktor arus murid berasal dari luar Kecamatan Darma, yakni dari SMP/MTs. Kadugede dan Cikijing Majalengka.
Dengan kondisi seperti ini 5 (lima) atau 20 (dua puluh) tahun ke depan wilayah Kecamatan Darma menjadi pusat pengembangan pendidikan wilayah Kuningan Barat Daya.

3 komentar:

  1. pa ko foto.a gk pake foto zaman.a lulusan '09.
    ni foto kn bru. ya pak..
    heum...(*iri..)

    BalasHapus
  2. Achmad : Iy atuh nanti ada moment foto khusus buat angkatan kalian mah,,,

    BalasHapus